Google Cendekia atau google scholar adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Setiap kalangan akademisi tentu wajib membuat akun di Google Scholar, terutama dosen dan peneliti.

Sebagai bentuk mendapat dukungan untuk mereferensikan karya ilmiahnya kepada pengguna internet yang membutuhkan. Hanya saja sampai detik ini masih banyak orang yang enggan membuat akun di Google Scholar.

Pelatihan google schoolar telah selesai diadakan pada tanggal 17 maret 2023. Acara ini dimulai pada pukul 13.00 sampai 17.00 wib. Pelaksana dari pelatihan ini adalah Fakultas FITK yang langsung di pandegani Dekan FITK Moh Shobirin MPd.I di bantu oleh 4 kaprodi di lingkungan FITK, kegiatan kali ini menghadirkan kepala Pusdatin IBN Tegal, Rizki Abdilah, MPd sebagai pemateri utama dan di co host i oleh Syamsul Falah, miftakhul ulum dan aliem kahfi sebagai pembantu tehnis penggunaan mendeley untuk sitasi dan referensinya.

Dalam sambutannya Dekan FITK menyebutkan bahwa dosen dilingkungan fakultas Tarbiyah harus sadar betul akan pentingnya pembuatan google scholar sebagai media meningkatkan kapasitas akademik, penelitian dan pengabdiaanya sebagai dosen. pelatihan ini akan terus dilakukan sampai dosen bisa merasakan kebutuhan sitasi yang dalam point akreditasi sangat dibutuhkan. Dosen IBN harus mampu beradaptasi dengan kemajuan tehnologi yang ada. menyitir perkataan plato mengatakan bahwa yang mampu bertahan di era sakarang adalah bukanlah orang yang kuat tapi orang yang mampu

Aktifitas utama dalam kegiatan pelatihan google scholar bagi dosen ini, yaitu menyiapkan artikel, menambahkan rujukan sesuai format google scholar dan membuat akun google scholar. Para dosen diajarkan bagaimana cara memverifikasi email dan mempraktekannya di google scholar, bagaimana menggunakan mendeley dengan baik dan juga bagaimana cara mensitasi tulisan kita atau dosen dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Ruas yang wajib ditandai *