Pada hari Sabtu, 6 Juli 2024, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal mengadakan workshop microteaching berbasis kurikulum merdeka. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan keterampilan pedagogi para calon guru muda dari berbagai program studi, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Bimbingan Konseling dan Penyuluhan Islan (BKPI). Total semua pesertaadalah 128 mahasiswa.
Acara ini juga menghadirkan 22 dosen yang nantinya sekaligus menjadi pembimbing microteaching maupun Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Dekan FITK, H.Moh. Sobirin, M.Pd.I mengatakan bahwa penerapan kurikulum merdeka di semua jenjang belum maksimal, sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL dan mahasiswa peserta PPLmasih minim penguasaannya terutama di aspek penerapannya. Oleh karena itu, acara ini bertujuan untuk membekali pembimbing, pengujidan mahasiswa dalam kegiatan microteaching dan membekali mahasiswa peserta PPL dan DPL PPL tentang pembelajaran kurikulum merdeka mulai dari administrasi guru danmodel pembelajarannya.

Microteaching adalah bentuk praktik mengajar di mana seorang guru mengajar kelas kecil atau kelompok kecil siswa selama waktu yang terbatas, biasanya 5-10 menit. Ini adalah cara yang berguna bagi para guru muda dan guru yang sudah mapan untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka dan mengembangkan keterampilan mereka dalam mengelola kelas.
Peserta mempelajari berbagai metode dan teknik untuk mengajar berbasis kurikulum merdeka, termasuk perencanaan pelajaran, desain instruksional, strategi kelas, pembelajaran diferensiasi dan P5.

Acara ini juga menampilkan berbagaidiskusi terkait microteaching. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan narasumber dan mengajukan pertanyaan tentang isu-isu penting dalam mengajar.
Hendri Purbowaseso, M.Pd.I, yang merupakan narasumber workshop merasa sangat senang mengadakan workshop ini karena memberikan kesempatan kepada para calon guru muda dari berbagai program studi untuk belajar dan berbagi praktik terbaik dalam mengajar berbasis kurikulum merdeka. Kegiatan Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan mereka dan menjadi pendidik yang lebih baik.

Secara keseluruhan, workshop microteaching berbasis kurikulum merdeka yang diorganisir oleh FITK IBN Tegal adalah acara yang sukses yang memberikan peserta dengan keterampilan dan pengetahuan baru untuk membantu mereka menjadi pendidik yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Ruas yang wajib ditandai *